Friday 12 October 2012

HM DACHIRIN SAID RESMI JABAT BUPATI DEMAK




Drs HM Dachirin Said SH MSi akhirnya dilantik menjadi Bupati Demak masa jabatan 2011-2016. Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan Gubernur Jawa Tengah H Bibit Waluyo, Rabu (10/9), dihadapan sidang istimewa yang dipimpin Ketua DPRD Demak H Muklasin SE MSi.

Prosesi pelantikan di Aula DPRD Demak yang berlangsung khitmad itu dihadiri sekitar 800 tamu undangan. Di antara mereka adalah 48 anggota dewan, Kapolres AKBP Sigit Widodo, Dandim 0716 Letkol Ruly Candrayadi, Kajari Herdiantono SH, Ketua Pengadilan Negeri Demak, para Kepala SKPD, 14 camat, kades se-Kabupaten demak, serta beberapa pejabat Pemprov Jateng juga bupati/walikota kabupaten/kota tetangga.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, ratusan personil Polres Demak, TNI juga Satpol PP, bersiaga sekaligus mengamankan lingkungan Sekretariat DPRD. Upaya pengamanan bahkan didukung puluhan personil Brimob Polda Jateng lengkap dengan satu unit mobil penjinak bom dan armada barakuda.


Dalam sambutannya Gubernur Bibit berpesan kepada Dachirin Said untuk sebisa mungkin melakukan upaya-upaya harmonisasi yang berpotensi membawa Kabupaten Demak senantiasa dalam kondisi aman dan damai. Karena berbekal dua perkara itulah pembangunan maupun berbagai kebijakan pemerintah dapat dilaksanakan dengan optimal.

“Kalau antara bupati, muspida, kepala SKPD, masyarakat hingga para anggota dewan terbiasa mengedepankan sikap saling menghormati, maka hubungan yang terjalin pastilah harmonis. Iklim wilayah pun tentu menjadi aman dan nyaman. Kondisi demikian sangat menentukan laju roda pembangunan. Maka disinilah dibutuhkan peran pemimpin. Bahkan pemimpin bisa dikatakan gagal jika tak mampu mewujudkan iklim harmonis diwilayahnya,” ujar Gubernur Bibit.

Menurut Bibit, amanah yang diemban Dachirin Said tidak ringan lantaran sudah barang pasti masyarakat Kabupaten Demak menuntutnya mampu meningkatkan berbagai keberhasilan almarhum Tafta Zani. Namun dia optimistis Dachirin mampu menjalankan peran bupati secara baik.

Pelantikan HM Dachirin sebagai Bupati Demak kali ini memang telah dinantikan banyak kalangan. Seperti diketahui, HM Dachirin Said sendiri awalnya menjabat Wakil Bupati Demak. Dia dilantik sebagai wakil bupati pada 3 Mei 2011, setelah memenangi Pemilukada Demak bersama almarhum Tafta Zani dengan perolehan suara mencapai 74 persen.

Keikutsertaannya di Pemilukada Demak 2011 lalu memperoleh dukungan dari kalangan kyai yang tergabung di Forsikade. Hal itu setidaknya cukup menggambarkan bahwa dia benar-benar diharapkan mampu membawa masyarakat Kabupaten Demak ke tingkat kesejahteraan yang lebih baik. Apalagi dia juga diusung parpol dengan anggota dewan mayoritas, seprti Partai Golkar, PKB, PPP dan PKS.


Sementara itu, tak berselang lama sesudah acara pelantikan bupati, di pendopo belakang dilaksanakan serah terima jabatan (sertijab) Ketua TP PKK Kabupaten Demak dari Dra Hj Hermini TZ kepada Dra Hj Fatkhiyyah. Dalam kesempatan itu istri Gubernur Jateng, Ny Sri Suharti Bibit Waluyo, sekaligus melantik Hj Fatkhiyyah sebagai ketua TP PKK yang baru.
Ny Sri Suharti mengatakan, peran PKK cukup dominan mendukung program pemkab dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sejauh ini para kader PKK memiliki kedekatan dengan kaum wanita sehingga cukup mudah dalam menyosialisasikan berbagai kebijakan.
“Saya berharap agar Ketua TP PKK Demak dapat memaksimalkan peran kader-kadernya, baik yang di tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa. Semasa kepemimpinan Hj Hermini sudah berjalan baik, ke depan sebisa mungkin harus lebih baik,” katanya. (Anang)


Sumber : http://www.demakkab.go.id/
Written by Bagian Humas
 

No comments:

Post a Comment

« »
« »
« »
Get this widget