Thursday 7 June 2012

SOSIALISASI DAN PUBLIKASI PROGRAM KPU/ISO 2012 DI KABUPATEN DEMAK


Sebagai sarana kelancaran akses Telekomunikasi dan Informasi di daerah, Pemerintah Kabupaten Demak melalui Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai fasilitator kegiatan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KEMKOMINFO) pusat menyelenggarakan Sosialisasi Program Kewajiban Pelayanan Universal (KPU) atau Universal Service Obligation (USO). Kegiatan yang berlangsung di  Pendopo Kabupaten Demak tersebut dibuka oleh Assisten I Sekretaris Daerah Kabupaten Demak mewakili Bupati Demak, Kamis 7/6/12 jam 08.00 WIB sampai dengan selesai.
Sambutan Bupati yang dibacakan oleh Assisten I Sekretaris Daerah Kabupaten Demak mengatakan bahwa, kegiatan tersebut sangat membantu Pemerintah Daerah dalam memberi edukasi terhadap segala sesuatu yang terkait dengan Telekomunikasi dan Informatika (Telematika). Serta merupakan implementasi UU No 36 Tahun 1999 tentang penyelenggaraan telekomunikasi sebagai upaya percepatan pemerataan akses telekomunikasi dan informasi di daerah tertinggal, terpencil dan perbatasan terluar NKRI serta daerah yang secara ekonomi masih kurang layak dan berkembang.
Sosialisasi dan Publikasi Program KPU/ USO  bertujuan sebagai menunjang dan mendukung program pemerintah dalam menyebar luaskan akses informasi di daerah- daerah melalui program – program dari pemerintah yang diantaranya Desa Berdering, PLIK dan  MPLIK. Untuk pembiayaannya dilakukan oleh operator telekomunikasi yang ada di Indonesia  yang dikelola oleh (Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI). Demikian sambutan yang disampaikan oleh perwakilan dari BP3TI.
Adapun MPLIK (Mobile Pusat Layanan Internet Kecamatan) yang akan didistribusikan ke 14 kecamatan yang ada di Kabupaten sebanyak 2 unit mobil, hal ini dirasa masih kurang, bila dilihat dari jumlah Kecamatan di Kabupaten Demak yang ada sebanyak 14 Kecamatan. Oleh karena itu kedepan untuk Kabupaten Demak agar perwakilan dari BP3TI pada tahun 2013 nanti MPLIK bisa ditambah sesuai dengan jumlah Kecamatan yang ada di Kabupaten Demak.
Hadir sebagai narasumber dalam sosialisasi tersebut adalah Perwakilan dari BP3TI KEMKOMINFO, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak, perwakilan dari PT. Telkomsel dan  Perwakilan dari PT. Jogja Digital. Peserta berasal dari perwakilan Kecamatan, Kelurahan, Instansi Pemerintahan serta pelajar yang berasal dari SMU dan SMK di Kabupaten Demak.

No comments:

Post a Comment

« »
« »
« »
Get this widget